Menikmati Birunya Laut Utara Jakarta di Pulau Semak Daun

Apa yang ada dipikiran teman-teman ketika mendengar kata-kata ‘laut utara jakarta’ ? pasti ada beberapa diantara teman-teman yang berpikir pasti laut utara jakarta tuh kotor, kumuh dan sebagus-bagusnya cuma ancol dan pantai marina yang masih bersih dan itu pun masih berada di lokasi yang tidak berjauhan dengan ancol.

Pantai Jakarta kotor ? eits tunggu dulu, coba tengok yang satu ini.





Yaa,,, kepulauan seribu,

Kepulauan seribu masih termasuk bagian dari wilayah kabupaten DKI Jakarta, ada banyak sekali pulau yang kebersihan dan keindahannya masih terjaga loh, satwanya juga masih ada. Bahkan masih ada pulau yang tidak berpenghuni diwilayah kabupaten kepulauan seribu.

Ada yang menarik ketika saya ingin camping alias berkemah disuatu pulau. Ada beberapa dari teman saya menyaran kan saya untuk berkemah di pulau Smack Down alias Semak Daun. Semak daun adaah salah satu dari banyak pulau di Kepulauan Seribu yang tidak berpenghuni, walaupun ada satu orang penjaga pulau tersebut.

Perjalanan

Kami berangkat dari Jakarta, tepatnya dari pelabuhan Kali Adem, muara angke Jakarta Utara. Berangkat start mulai dari jam 7 menuju pulau Pramuka (karna tidak ada kapal yang langsung menuju pulau Semak Daun).

Setelah menempuh perjalanan urang lebih 3 jam, tiba lah saya dan teman teman saya di pulau pramuka, pulau pramuka ini adalah salah satu pulau pemukiman yang ramai warga kepulauan seribu bermukim disana.




Setelah nya sampai disana, kami menyewa satu buah kapal nelayan kecil untuk menuju pulau semak daun. Perjalanan dari pulau Pramuka menuju Pulau Semak Daun sekiranya menempuh waktu 30 menit. Sepanjang perjalanan, kami di suguhkan pemandangan yang indah sekali, tidak menyangka bahwa laut Utara Jakarta ternyata luas dan masih banyak yang bersih loh, kawan. Kami disuguhkan oemandangan gradasi warna air laut dari hijau jernih hingga biru tua. Bahkan di beberapa spot, terlihat jelas terumbu karang dan ikan ikan indah nan berawarna berlalu-lalang dengan centilnya.


Setelah menempuh perjalanan yang indah dan menyenangkan tersebut. Kami pun tiba di pulau semak daun. Pulaunya indah, pasirnya putih terjaga dan bersih, ditambah lagi dengan perpaduan warna birunya air laut dan warna biru cerahnya langit Jakarta. Kami senang berada disana camping ceria bermain air dan pasir, bercanda gurau, dan yang pasti kami bangga, karna kami orang Jakarta dan Jakarta memiliki wisata alam yang indah seperti ini.

Oh ya, Kalian tahu ? ternyata banyak juga yang berkemah disana. Dan kami pun merasa tenang, karna ada temannya bila kesusahan mencari logistik.


Tetapi ada pemandangan yang kurang meng’enak’an dipulau yang indah ini, ternyata dipulau ini ada dermaganya, namun dermaga tersebut terlihat kurang terawat dan rusak cukup parah. Padahal, jika diperhatikan, apabila dermaga tersebut memiliki konidisi baik, pulau Semak Daun akan terlihat jauh lebih indah.

Semoga ini menjadi perhatian masyarakat dan pemerintah dalam menjaga aset dari suatu tempat.
Cukup sekian perjalanan kali ini.


Semoga menghibur. Dan sampai jumpa di cerita saya selanjutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Omah Backpacker, Penginapan Murah (Bayarnya Gak Pake Duit)

Suka Wisata Malam ? kalian Wajib kesini !

(Part 1) Liburan? Purwokerto aja !